Disbud Sleman Gelar Macapat Massal

Berita

Kamis, 31 Oktober 2019 pukul 19.00 WIB – Selesai di Gedung Kesenian Kabupaten Sleman, Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman melalui program kegiatan Pembinaan Pengembangan Bahasa dan Sastra menyelenggarakan Macapat Massal. Kegiatan yang bersumber dari dana Keistimewaan DIY Tahun 2019 tersebut diikuti oleh 250 peserta se-Kabupaten Sleman.

Macapat merupakan seni sastra, berupa puisi tradisional Jawa yang dibacakan dengan cara ditembangkan, selain itu Macapat juga merupakan warisan budaya tak benda yang telah lama hidup dan berkembang di wilayah Indonesia khususnya Jawa, yang mempunyai nilai-nilai luhur dan layak untuk dipertahankan keberadaannya serta tetap harus diupayakan pelestariannya.

Kegiatan ini diadakan sebagai wujud  perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan sesuai dengan yang diamanatkan oleh Undang Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap karya sastra terutama Macapat bagi kalangan masyarakat ditenggah perkembangan teknologi. Di samping itu, acara ini diselenggarakan sebagai sarana untuk melestarikan dan mengembangkan Macapat di Kabupaten Sleman. Diharapkan, melalui kegiatan ini upaya pelestarian bahasa dan sastra Jawa dapat berlangsung dengan baik. (dv)

Leave a Reply