Candi Kimpulan

Berita

Candi Kimpulan merupakan salah satu dari cagar budaya di Kabupaten  Sleman sesuai dengan  Keputusan Bupati Nomor 14.7/Kep.KDH/A/2017 tentang Status Cagar Budaya Kabupaten Sleman, yang harus dilindungi, dijaga kelestarian dan keasliannya seperti  yang diamanatkan oleh Undang Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Lokasi Candi Kimpulan secara administrative terletak Dusun Kimpulan, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman. Candi Kimpulan ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 2019, latar belakang bangunan adalah agama Hindu yang didasarkan oleh penemuan Lingga-Yoni, arca Ganesha, dan arca Nandi.

Situs Kimpulan merupakan suatu bangunan candi yang terbuka, karena tidak ditemukan dinding dan atap bangunan. Penutup atas diperkirakan menggunakan bahan yang mudah lapuk (mungkin bambu atau kayu)  berdasarkan adanya temuan umpak di lantai bangunan. Candi Induk menghadap timur dengan ukuran 6,21 x 6,21 m dan tinggi 213 cm di atas maaiveld, tinggi pagar langkan 85 cm di atas lantai bangunan dengan lebar pintu 60 cm. Sedangkan bangunan Candi Perwara berukuran 4,11 x 6,36 m dan tinggi 164 cm  dan menghadap barat.

Candi Kimpulan memenuhi kriteria sebagai Struktur Cagar Budaya dengan alasan, Candi Kimpulan dapat dijadikan bahan untuk membentuk kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia melalui cagar budaya, Candi Kimpulan merupakan karya adiluhung yang mencerminkan kekhasan kebudayaan bangsa, dan Candi Kimpulan merupakan struktur dan situs Cagar Budaya yang langka, unik rancangannya, dan sedikit jumlahya di Indonesia. Nilai- nilai penting yang dimiliki menjadi urgensi untuk disampaikan dan disosialisasikan kepada generasi penerus. Beberapa hal yang perlu disampaikan atau sebagai transfer of knowledge adalah terkait dengan aspek pembelajaran untuk mengetahui (learn to know) baik  yang terkait kognitif dan efektif. Hal itu untuk menggugah kesadaran kesejahteraan, rasa bangga, rasa memiliki dan kepedulian kepada aspek sejarah budaya bangsa. (dv)

Candi Perwara
Candi Induk
Lingga – Yoni dan Arca Ganesha di dalam Candi Induk

 

Leave a Reply