Breaking News

Sleman Tampilkan Sendratari “Among Tuwuh” di TMII

  • home //
  • Sleman Tampilkan Sendratari “Among Tuwuh” di TMII
Dekhi 31 Oktober,2019

Sleman Tampilkan Sendratari “Among Tuwuh” di TMII

 

SLEMAN: Kabupaten Sleman mengirimkan kontingen sendratari “Among Tuwuh” untuk mewakili DIY dalam acara Gelar Gitya Natya Nusantara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-42 Taman Mini Indonesia Indah (TMII), 21 April 2017 di gedung Sasana Kriya TMII. Kegiatan Ulang Tahun ke-42 TMII mengambil tema “TMII merupakan perwujudan keragaman budaya sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa”. Sangatlah tepat apabila Kabupaten Sleman mengirimkan kontingen seninya dalam acara tersebut sebagai salah satu perwujudan kepedulian terhadap apresiasi keberagaman budaya yang diselenggarakan oleh TMII.

 

 
Demikian dinyatakan oleh Plt Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman HY Aji Wulantara, SH,MHum, Kamis 20 April 2017 dikantornya Jl. KRT Pringgodiningrat No.11 Beran Tridadi Sleman Yogyakarta.

 

 
Sendratari “Among Tuwuh” merupakanan sendratari garapan yang menggambarkan petani salak yang sedang bercocok tanam, dan dengaan sabarnya memelihara tanaman tersebut serta melawan dan mengusir hama yang merusak tanaman. Atas kesabaran dan perjuangan tersebut mereka dapat memperoleh dan memetik hasil kerja kerasnya yang berupa panen salak yang melimpah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

 
Sebagai sutradara dalam sendratari ini adalah Dwi Utami S.Pd, penata tari Anang Wahyu Nugroho S.Sn, penata musik Yustiawan PU, S.Sn dan artistik Setyawan Jalu Pamungkas S.Pd.

 

 
Selain mengirimkan kontingen sendratari “Among Tuwuh”, Kabupaten Sleman dalam kesempatan yang sama juga mengirimkan perwakilan untuk berkompetisi dalam ajang Parade Busana Daerah, yaitu desain “Paes Ageng Kanigaran Modifikasi” oleh Retno Mursilah, S.Pd dan desain “Gurdha Narendra” oleh Afif Ghurub Bestari, M.Pd.

 

Diharapkan dengan pengiriman kontingen Kabupaten Sleman diajang bertaraf nasional tersebut dapat meningkatkan upaya promosi potensi Kabupaten Sleman khususnya dibidang kebudayaan sekaligus untuk meningkatkan apresiasi seni dan budaya Kabupaten Sleman bagi masyarakat khususnya masyarakat luar daerah.-