Breaking News

Dibuka Kompetisi Bahasa dan Sastra Tahun 2020 dalam Kondisi Normal Baru

  • home //
  • Dibuka Kompetisi Bahasa dan Sastra Tahun 2020 dalam Kondisi Normal Baru
Post Image
admin 26 Agustus,2020

Dibuka Kompetisi Bahasa dan Sastra Tahun 2020 dalam Kondisi Normal Baru

Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman kembali menyelenggarakan Kompetisi Bahasa Dan Sastra Tahun 2020 dalam Kondisi Normal Baru. Kegiatan Kompetisi Bahasa dan Sastra ini merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dalam rangka mencari peserta terbaik pada jenjang dan jenis kemampuan Bahasa dan sastra yang dikuasai peserta. Pada kesempatan kali ini akan mengambil tema “Ngleluri lan Ngrembakakake Tata Nilai Budaya Jawa ing Daerah Istimewa Yogyakarta kanggo Memayu Hayuning Bawana”. Pendaftaran dimulai tanggal 24  Agustus 2020 - 10 September 2020, dengan kuota 45 orang di masing-masing kategori perlombaan. Untuk pendaftaran dapat menghubungi narahubung 085 697 130 737 (atas nama Malikah).

Adapun Jenis-jenis Kompetisi Bahasa dan Sastra tahun 2020 meliputi:

1. Sesorah

Peserta untuk Lomba Sesorah adalah siswa SMA/SMK/MA di Kabupaten Sleman. Pelaksanaan lomba akan dilaksanakan Selasa, 15 September 2020. Peserta menyampaikan sesorah sesuai dengan tema yang telah ditentukan yaitu “Pelajar melu jaga lan ngreksa katentreman Ngayogyakarta” dengan Menggunakan busana Jawa lengkap (gagrak Ngayogyakarta). Masing-masing peserta diberikan waktu paling lama 10 menit. Kriteria penilaian dengan memperhatikan isi/pesan, bahasa dan teknik (Wiraga, Wirasa, Wirama, Wicara)

2.Maca Geguritan

Peserta untuk Lomba Maca Geguritan adalah siswa SMP/MTs di Kabupaten Sleman. Pelaksanaan lomba akan dilaksanakan Rabu, 16 September 2020. Peserta membaca geguritan wajib dan pilihan, materi lomba dapat diunduh di link berikut: Materi Geguritan SMP 2020.pdf. Peserta tidak diperbolehkan membawa properti dan musik pengiring. Kompetisi geguritan tidak menggunakan sound system. Peserta diwajibkan untuk menggunakan busana Jawa lengkap (gagrak Ngayogyakarta). Kriteria penilaian dengan memperhatikan Wiraga, Wirasa, Wirama, Wicara.

3. Maca Cerkak

Peserta untuk Lomba Maca Cerkak adalah siswa SMP/MTs di Kabupaten Sleman. Pelaksanaan lomba akan dilaksanakan Kamis, 17 September 2020. Masing-masing peserta diberikan waktu paling lama 15 menit saat membacakan cerkak. Materi lomba dapat diunduh dilink berikut: Materi Cerkak SMP 2020.pdf. Peserta tidak diperbolehkan membawa properti dan musik pengiring. Peserta diwajibkan untuk menggunakan busana Jawa lengkap (gagrak Ngayogyakarta). Kriteria penilaian dengan memperhatikan Wiraga, Wirasa, Wirama, Wicara.

4. Alih Aksara Jawa

Peserta Lomba Alih Aksara Jawa adalah siswa SD/MI di Kabupaten Sleman. Pelaksanaan lomba akan dilaksanakan Jumat, 18 September 2020. Materi yang dikerjakan peserta adalah alih aksara Jawa ke latin dan alih aksara latin ke aksara Jawa. Masing-masing peserta membawa alat tulis (ballpoint, pensil, penggaris, penghapus, dan meja lipat). Penulisan alih aksara menggunakan ballpoint tinta hitam atau pensil di kertas folio bergaris yang sudah disiapkan oleh panitia. Peserta diwajibkan untuk menggunakan busana Jawa lengkap (gagrak Ngayogyakarta). Kriteria penilaian dengan memperhatikan Trep/ benar dalam penulisan dan estetika (jelas, indah, bersih)

Untuk lebih lengkapnya Petunjuk Teknis Kompetisi Bahasa Dan Sastra Tahun 2020 dalam Kondisi Normal Baru dapat diunduh dalam link Petunjuk Teknis Kompetisi Bahasa dan Sastra Tahun 2020.pdf

Materi Lomba Maca Cerkak Materi Cerkak SMP 2020.pdf

Materi Lomba Maca Geguritan Materi Geguritan SMP 2020.pdf