Breaking News

Festival Mocopat SD dan SMP Se Sleman

  • home //
  • Festival Mocopat SD dan SMP Se Sleman
Post Image
Dekhi 24 Mei,2017

Festival Mocopat SD dan SMP Se Sleman

Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman mengadakan Festival Macapat yang dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Mei 2017 untuk Tingkat SD dan Rabu   24 Mei 2017 untuk Tingkat SMP bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman pada pukul 09.00 WIB s.d selesai. Festival Macapat  yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Paguyuban Macapat “Sekar Manunggal Sleman Sembada” kali ini merupakan upaya untuk menampilkan potensi yang dimiliki oleh masyarakat dari tingkat sekolah dasar hingga dewasa. Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam menyemarakkan/ memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sleman Tahun 2017. Selain itu hasil dari seleksi akan mewakili kabupaten Sleman pada Sarasehan Macapat Tingkat DIY dengan Kabupaten Sleman sebagai tuan rumah pada Bulan September.

 

Macapat merupakan suatu seni tembang yang diciptakan guna melantunkan karya sastra tradisional yang pada umumnya dalam bentuk syair-syair. Karya sastra para leluhur tersebut yang di Jawa disebut ‘serat’, berisikan sejarah (babad), ramalan (jangka), pepali, wewerah, petunjuk atau pedoman hidup, pedoman kepemimpinan dan sebagainya.

Peserta merupakan perwakilan UPT Pendidikan Dinas Pendidikan Sleman di 17 kecamatan, masing-masing kecamatan mengarimkan 4 orang peserta SD dan 4 orang peserta SMP, dengan tidak ditentukan jenis kelamin.

Pemenang Lomba Macapat Tingkat SD Kabupaten Sleman 2017 yang sudah dilaksanakan pada hari pertama (Selasa, 23/5/2017) yaitu:

                                Juara I Huda Saka Alam dari SDN Wonosari I, Turi

                                Juara II Safa Sabrina dari SDN Turi 3

                                Juara III Andhini Deby Anggraeni dari SDN Wonosari I, Turi

                                Juara Harapan I Muhammad Yafi Nizar Nayotama dari SDN Sleman 1

                                Juara Harapan II Dhandha Anun Pradipsa dari SDN Pete 6 Seyegan

                                Juara Harapan III Dwi Utami dari SD Kanisius Minggir