Breaking News

Kapanewon Berbah Menjadi Penyaji Terbaik dalam Festival Karawitan Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2021

  • home //
  • Kapanewon Berbah Menjadi Penyaji Terbaik dalam Festival Karawitan Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2021
Post Image
admin 15 Juni,2021

Kapanewon Berbah Menjadi Penyaji Terbaik dalam Festival Karawitan Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2021

Dalam rangka melestarikan dan mengembangkan potensi kebudayaan serta mensosialisasikan tata nilai budaya melalui seni pertunjukan, sesuai dengan yang diamanatkan Undang Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, selama dua hari Senin – Selasa 14 – 15 Juni 2021 pukul 10.00 WIB – Selesai telah di selenggarakan Festival Karawitan Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2021 secara daring melalui kanal Youtube Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman.

Ketiga dewan juri yang terdiri dari Dra. Surtrisni, M.Sn,  Indri Kisworo, dan A. Welly Hendratmoko, S.Sn,. M.Sn memutuskan  Kapanewon Berbah  mampu menyisihkan kontingen lain dan menjadi penyaji terbaik pertama dengan nilai 1070. Menyusul penyaji terbaik kedua adalah Kapanewon Kalasan dengan nilai 1055, penyaji terbaik ketiga adalah Kapanewon Ngemplak dengan nilai 970. Sedangkan sebagai juara harapan pertama adalah Kapanewon Ngaglik dengan nilai 960, juara harapan kedua adalah Kapanewon Prambanan dengan nilai 925, dan juara harapan ketiga adalah Kapanewon Pakem dengan nilai 845. Untuk pengendang, pengrebab, dan penggender terbaik diraih oleh Kapanewon Berbah, sedangkan untuk sinden terbaik diraih oleh Kapanewon Ngaglik.

Pertunjukan dengan metode daring  tersebut juga memiliki tujuan utama yakni membantu para pekerja seni untuk tetap berkegiatan seni serta mengembangkan kebudayaan dalam situasi wabah corona virus atau covid-19. Dengan metode tersebut diharapkan dapat menggali dan menjaring potensi seniman yang ada ditingkat masyarakat, sekaligus memberikan ruang kepada perempuan dalam mengekpresikan diri melalui kesenian karawitan, serta sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah Kabupaten Sleman terhadap kelestarian kehidupan seni, dan dapat menggugah kembali semangat kebersamaan dalam rangka beraktivitas dan berkreasi dalam bingkai kompetisi di kalangan seniman di tengah kondisi wabah corona virus atau covid-19. Diharapkan ajang ini dapat menjadi media beraktivitas dan peningkatan kualitas seniman guna mempertahankan eksistensi jati diri seniman sebagai salah satu akar budaya seni. selain itu juga  untuk pembangunan karakter terhadap masyarakat luas khususnya generasi muda serta meningkatkan “rasa handarbeni” terhadap budaya sendiri yang adiluhung. (dv)

 

Festival Karawitan Tingkat Kabupaten Sleman hari pertama, dapat disaksikan dalam tautan berikut : https://youtu.be/QI2RZ1C5vuc

Festival Karawitan Tingkat Kabupaten Sleman hari kedua, dapat disaksikan dalam tautan berikut : https://youtu.be/hXCUoyHpk8A