KAPANEWON BERBAH MENJADI PENYAJI TERBAIK DALAM FESTIVAL TEATER TRADISIONAL TINGKAT KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2021

  • home //
  • KAPANEWON BERBAH MENJADI PENYAJI TERBAIK DALAM FESTIVAL TEATER TRADISIONAL TINGKAT KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2021
Admin 2021-09-28 01:49:56

KAPANEWON BERBAH MENJADI PENYAJI TERBAIK DALAM FESTIVAL TEATER TRADISIONAL TINGKAT KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2021

Dalam rangka melestarikan dan mengembangkan potensi kebudayaan serta mensosialisasi tata nilai budaya melalui seni pertunjukan sesuai dengan yang diamatkan Undang Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman kembali menayangkan Festival Teater Tradisional Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2021. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari 27 s.d 28 September 2021, secara live streaming melalui kanal Youtube Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman.

Ketiga dewan juri yang terdiri dari Akhir Lusono, S.Sn, MM, Suko Heri Bangun Santoso, dan A. Welly Hendratmoko, S.Sn,. M.Sn memutuskan dalam Festival Teater Tradisional Tingkat Kabupataten Sleman Tahun 2021,  Kontingen dari Kapanewon Berbah  dengan judul “Sinden” mampu menyisihkan kontingen lain dan memperolah nilai 1520. Menyusul penyaji terbaik kedua adalah Kapanewon Ngemplak dengan judul "Duit Prakosa" dan memperoleh nilai 1440, untuk penyaji terbaik ketiga adalah Kapanewon "Pakem" dengan judul "Ledhek Gogik" dan memperoleh nilai 1390.

Sedangkan untuk juara harapan pertama diraih oleh Kapanewon Gamping dengan judul "Nyumbang" dan memperoleh nilai 1365. Juara harapan kedua diraih oleh Kapanewon Tempel dengan judul "Panggresah" dan memperoleh nilai 1330. Selanjtnya untuk juara harapan ketiga diraih oleh Kapanewon Moyudan dengan judul Isa Mantuk  dan memperoleh nilai 1295.

Maksud dan tujuan diselenggarakannya lomba tersebut adalah untuk menggali dan menjaring potensi seniman yang ada ditingkat masyarakat, serta sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah Kabupaten Sleman terhadap kelestarian kehidupan seni, dan dapat menggugah kembali semangat kebersamaan dalam rangka beraktifitas dan berkreasi dalam bingkai kompetisi di kalangan seniman.

Ajang ini dapat menjadi media beraktivitas dan peningkatan kualitas seniman guna mempertahankan eksistensi jati diri seniman sebagai salah satu akar budaya seni dan untuk menggali dan menjaring potensi seniman yang ada ditingkat masyarakat. Selain itu, juga untuk pembangunan karakter terhadap masyarakat luas khususnya generasi muda serta meningkatkan “rasa handarbeni” terhadap budaya sendiri yang adiluhung. Dengan semakin meningkatnya internaisasi budaya dikalangan warga masyarakat akan menjadi benteng sekaligus filter yang kuat di era globalisasi.

Diharapkan sajian budaya secara live streaming ini  juga akan dapat mendukung upaya menekan penyebaran Covid-19 dengan tetap tinggal dirumah. Pecinta budaya dimanapun berada khususnya warga masyarakat Sleman untuk dapat bergabung dan menikmati sajian budaya tersebut melalui kanal Youtube Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman. (dv)

Festival Teater Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2021 hari pertama dapat disaksikan dalamtautan  berikut: https://youtu.be/1-rQWEuUJg4

Festival Teater Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2021 hari kedua dapat disaksikan dalam tautan  berikut: https://youtu.be/CLES7KQ-7bk