Kapanewon Sleman Raih Penyaji Terbaik dalam Festival Kethoprak Tahun 2022

  • home //
  • Kapanewon Sleman Raih Penyaji Terbaik dalam Festival Kethoprak Tahun 2022
Admin 2022-08-21 22:35:06

Kapanewon Sleman Raih Penyaji Terbaik dalam Festival Kethoprak Tahun 2022

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman kembali menyelenggarakan Festival Kethoprak Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2022 yang diadakan di Gedung Kesenian selama 9 hari sejak tanggal 10 - 19 Agustus 2022.

Ketiga dewan juri yang terdiri atas Drs. KRT. Stefanus Prigel Siswanro, M.Hum, Suratdali, Pratiwi Wibowo memberikan nilai 701 pada Kontingen Kapanewon Sleman dengan lakon Gus Kinto mengungguli 16 kontingen Kapanewon lainnya. Penyaji terbaik kedua diraih kontingen Kapanewon Gamping Lakon Tumbal (692), penyaji terbaik ketiga kontingen Kapanewon Seyegan dengan lakon Beteng (677), juara harapan satu kontingen Kapanewon Kalasan dengan lakon Babad Cupuwatu (668), juara harapan dua kontingen Kapanewon Godean Batening Kaluputan (650), dan jaura harapan ketiga Kapanewon Cangkringan dengan lakon Tambak Kali (644).

Sutradara terbaik dirah Giang Bayu Tetuko, penata iringan terbaik Mara Wasis pembayun Putro, penata busana terbaik Dita Kinanti, penata artistik terbaik Nanang Adi Sasongko, pengeprak terbaik Mara Wasis Pembayun Putro, pemeran putra terbaik Doni Nurjati Putra, pemeran putri terbaik Herratri Amirta Sari, pemeran pembantu putra terbaik Whisky Bagus Nugroho, pemeran pembantu putri terbaik Sih Lestari dan pembinaan terbaik dari Kapanewon Moyudan dengan lakon Culika Ngemasi Pralaga.

Sementara itu Bupati Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo yang hadir dan membuka festival tersebut menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya even budaya tingkat kabupaten yang cukup besar dengan melibatkan seluruh Kapanewon yang ada di Kabupaten Sleman. Selain sebagai ajang memunculkan generasi penerus seniman seniwati Kethoprak, festival semacam ini juga menjadi ajang hiburan bagi masyarakat.

Antusiasme dan respon perwakilan kapanewon se-Kabupaten Sleman selama kegiatan festival tersebut berlangsung sangat tinggi. Hal tersebut terpantau dari banyaknya penonton online di kanal Youtube Kundha Kabudayan yang menyaksikan acara tersebut. Kegiatan ini tetap menerapkan protocol kesehatan dan didanai oleh BKK Dana Keistimewaan DIY.