Penanaman Nilai Nilai Budaya Pada Mahasiswa Melalui Gelar Budaya Wayang Pakeliran Padat di Kampus STIM YKPN Yogyakarta

  • home //
  • Penanaman Nilai Nilai Budaya Pada Mahasiswa Melalui Gelar Budaya Wayang Pakeliran Padat di Kampus STIM YKPN Yogyakarta
Post Image
admin 17 Desember,2019

Penanaman Nilai Nilai Budaya Pada Mahasiswa Melalui Gelar Budaya Wayang Pakeliran Padat di Kampus STIM YKPN Yogyakarta

Dalam rangka melestarikan seni budaya melalui pengenalan kesenian kepada mahasiswa, maka Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan Penanaman Nilai Nilai Budaya kepada mahasiswa melalui Gelar Budaya Wayang Pakeliran Padat, Selasa 17 Desember 2019 pukul 12.00 WIB – selesai di Kampus STIM YKPN Yogyakarta yang beralamat di Jln Palagan Tentara Pelajar km.7 Mudal, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Dalang yang tampil dalam kegiatan tersebut adalah Ki Faraj Wastu Pamudia dan lakon yang dibawakan adalah “Dewa Ruci”. Lakon Dewa Ruci sendiri merupakan kisah tentang Bima mencari air kesempurnaan hidup/banyu suci perwitasari.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pagelaran wayang dan menumbuhkan apresiasi seni bagi mahasiswa, khususnya pada seni pedalangan sekaligus menggali, membina, memupuk bakat dan minat mahasiswa pada seni pedalangan serta untuk menanamkan rasa cinta terhadap seni budaya. Demikian dinyatakan oleh Kepala Bidang Peninggalan Budaya, Nilai, dan Tradisi Drs. Sumarjana dalam sambutannya.

Dalam pagelaran wayang, mengandung banyak nilai-nilai luhur yang dapat kita pelajari dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan nilai-nilai tersebut, pertunjukan wayang dapat dijadikan sebagai salah satu media pendidikan bagi siswa, maka sangat penting untuk mengenalkan kesenian pertunjukan wayang kepada mahasiswa. (dv)