Breaking News

PENTINGNYA PERMAINAN TRADISIONAL BAGI ANAK

  • home //
  • PENTINGNYA PERMAINAN TRADISIONAL BAGI ANAK
Post Image
admin 23 Juli,2021

PENTINGNYA PERMAINAN TRADISIONAL BAGI ANAK

Permainan anak tradisional merupakan perwujudan dari kearifan yang diturunkan kepada masyarakat secara turun temurun dan lebih bersifat sosial. Anak terlibat secara emosional dengan kawan lain ketika bermain permainan tradisional. Mereka merasa saling membutuhkan sehingga akan berkembang menjadi generasi yang penuh tepa slira, bisa mengerti, dan memahami perasaan orang lain. Permainan tradisional memiliki pesan untuk bekal kehidupan anak-anak di masa yang akan datang. Hal tersebut karena tingkat perkembangan mental anak pada masa anak-anak akan berpengaruh pada kualitas mereka di masa depan.

Permainan anak juga berpengaruh pada timbulnya ketajaman pikir, kehalusan rasa, dan kekuatan kemauan. Dengan memainkan permainan tradisional, anak menjadi terlatih menguasai diri serta menyadari kekuatan orang lain untuk kemudian mengatur strategi yang tepat agar mampu mengatasi permasalahannya (Dewantara, 2013:248).

Melalui permainan tradisional, sejumlah aspek dirangsang untuk berkembang. Aspek-aspek tersebut adalah aspek motorik, kognitif, bahasa, emosi, sosial, dan karakter. Aspek-aspek yang distimulus ini semakin nyata dampak positifnya ketika anak mempraktikkan permainan tradisional tersebut.