Breaking News

Peringati Serangan Umum 1 Maret 1949, Forum Komunikasi Museum Sleman Adakan Talk Show Museumania Edisi ke-11

  • home //
  • Peringati Serangan Umum 1 Maret 1949, Forum Komunikasi Museum Sleman Adakan Talk Show Museumania Edisi ke-11
Post Image
admin 25 Februari,2022

Peringati Serangan Umum 1 Maret 1949, Forum Komunikasi Museum Sleman Adakan Talk Show Museumania Edisi ke-11

Rabu 23 Februari 2022 Forum Komunikasi Museum Sleman (FKMS) mengadakan kegiatan talk show bertajuk Museumania edisi ke-11 dengan mengangkat tema Gotong Royong Serangan Umum 1 Maret 1949. Museumania sendiri merupakan salah satu agenda rutin untuk memperingati momen-momen penting tertentu dalam sejarah bangsa yang diadakan oleh FKMS. Talk show Museumania edisi ke-11 ini sendiri diadakan untuk memperingati peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949. Pada gelaran Talk Show Museumania edisi ke-11 ini dilakukan di Museum Monumen Yogya Kembali. Talkshow dimulai pada sekitar pukul 15.30 WIB dan bertempat di lantai 1 Museum Monumen Yogya Kembali. Talk show Museumania ini merupakan salah satu kegiatan yang difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman. Tidak hanya itu, talk show juga dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan anjuran pemerintah.

Musemania edisi ke-11 ini menghadirkan 3 narasumber yang luar biasa dan sudah berpengalaman, khususnya dalam bidang permuseuman. Narasumber yang pertama ada Kolonel Sus Yuto Nugroho, S.S. selaku Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, lalu narasumber yang kedua ada Hasti Kusuma Dewi, S.S. selaku Kepala Urusan Humas dan Pemasaran Museum Monumen Yogya Kembali, dan narasumber terakhir yang juga menjadi perwakilan dari generasi muda ada Naufal Rafi, M.Ag, M.Pd. selaku Kurator Museum Pendidikan Indonesia. Lalu moderator yang bertugas pada kesempatan ini ada Muhammad Dwikifigo Nugroho selaku Duta Museum DIY tahun 2022 untuk Museum Monumen Yogya Kembali.

Diskusi berjalan dengan cukup baik dan lancar. Dalam diskusi tersebut banyak dibahas mengenai kisah sejarah perjuangan sekitar peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949. Banyak hal yang dapat dikulik dari penjelasan ketiga narasumber, mulai dari penjelasan mengenai peristiwa Agresi Militer Belanda II, kondisi Ibu Kota Yogyakarta pada saat itu, nilai-nilai kegotongroyongan dari tantara dan rakyat untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada saat itu, hingga refleksi mengenai hal apa saja yang dapat dilakukan oleh generasi sekarang untuk memaknai kisah-kisah perjuangan dan nilai-nilai kegotongroyongan selama peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949. Untuk mengetahui lebih lengkap, masyarakat umum bisa menyaksikan tayangan Talk Show Museumania edisi ke-11 dengan tema Gotong Royong Serangan Umum 1 Maret 1949 ini melalui kanal Youtube resmi dari FKMS yaitu FKMS TV atau juga bisa diakses melalui tautan berikut: bit.ly/YoutubeFKMSTV.

 

Oleh: Muhammad Dwikifigo Nugroho (Duta Museum DIY 2022 untuk Museum Monumen Yogya Kembali)