Selamat Memperingati Hari Museum Internasional

  • home //
  • Selamat Memperingati Hari Museum Internasional
Post Image
admin 18 Mei,2020

Selamat Memperingati Hari Museum Internasional

Tanggal 18 Mei dinyatakan sebagai Hari Museum Internasional. Sehubungan dengan hal tersebut hari ini Senin, 18 Mei 2020 adalah momen untuk memperingati Hari Museum Internasional. Adapun awal dari penentuan Hari Museum Internasional adalah pada tahun 1977, Dewan Museum Internasional atau Interbational Council of Museum (ICOM) menetapkan tanggal 18 Mei sebagai Hari Museum Internasional atau International Museum Day (IMD).

Di kabupaten Sleman sendiri memiliki banyak museum, salah satu contoh museum yang ada di kabupaten sleman adalah Museum Gunungapi Merapi (MGM). Museum Gunungapi Merapi sendiri merupakan museum bersejarah yang dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan, penyebarluasan informasi aspek kegunungapian khususnya dan kebencanaan geologi lainnya, yang bersifat rekreatif-edukatif untuk masyarakat luas dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman tentang aspek ilmiah, maupun sosial-budaya dan lain-lain yang berkaitan dengan gunungapi dan sumber kebencanaan geologi lainnya.

Diharapkan dengan Peringatan Hari Museum Internasional ini dapat menumbuhkan wawasan dan kecintaan generasi muda terhadap warisan budaya dan dapat turut serta melestarikan warisan budaya, selain itu juga dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap museum dan menumbuhkan minat masyarakat khususnya generasi muda untuk berkunjung ke museum.