Situs Watu Gudig

Post Image
admin 19 Mei,2020

Situs Watu Gudig

Situs Watu Gudig merupakan salah satu dari cagar budaya di Kabupaten Sleman sesuai dengan keputusan Bupati Sleman Nomor 5.9/Kep.KDH/A/2018 tentang Status Cagar Budaya Kabupaten Sleman, yang harus dilindungi, dijaga kelestarian, dan keasliannya seperti yang diamanatkan oleh Undang Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Lokasi Situs Watu Gudig secara administrative terletak di Jobohan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman.

Di dalam Rapporten van der Ouheidkundigen Dienst in Nederlandsch – Indie tahun 1915, Situs Watu Gudig disebut sebagai Candi Watu Gudig dan disebut sebagai pendopo didasari adanya temuan beberapa batu ang diidentifikasikan sebagai umpak bangunan. Situs ini pertama kali ditulis oleh Brumund dalam Indian II tahun 1854, selain itu juga Ijzerman dalam Beschrijving der Oudhende nabij de grens der resid Soerakarta en Djogjakarta tahun 1891, serta Knebel dalam Inventarissatie der Hindoe-oudhenden in de vlakten van Prambanan en Saragedog ens. Rapp. Ondh. Comm. 1909.

Lahan Situs Watu Gudig dibagian tengah sisi selatan lebih tinggi dari sekitarnya dan terdapat struktur dari bata. Disana ditemukan sebanyak 44 buah umpak dari batu andesit yang berukuran besar dan kecil. Di  situs ini juga ditemukan bebrapa batu bata, selain itu terdapat sebuah yoni akan tetapi lubangnya berbentuk bulat tidak seperti biasanya yang berbentuk persegi. Dengan ditemukannya yoni tersebut maka setidaknya dapat diketahui Situs Watu Gudig berlatar belakang agama Hindu.

Situs Watu Gudig juga memiliki nilai penting bagi sejarah, hal tersebut dikarenakan situs dengan tinggalan arkeologis yang memiliki informasi tentang kehidupan masa lalu khususnya tentang sejarah Hindu di Indonesia. Situs Watu Gudig Juga memiliki nilai penting bagi ilmu pengetahuan karena situs ini mempunyai potensi untuk diteliti lebih lanjut dalam rangka menjawab masalah-masalah dalam bidang keilmuan arkeologi, historis, arsitektur, dan teknik sipil. Situs Watu Gudig dari kajian awal merupakan situs hunian atau keagamaan. Selain itu Situs Watu Gudig juga memiliki arti penting di bidang kebudayaan terkait dengan aspek kebudayaan utamanya kebudayaan Hindu. (dv)