Breaking News

Sleman Tampilkan Lakon “Dewa Kalpa” dalam Parade Tari Tingkat DIY 2017

  • home //
  • Sleman Tampilkan Lakon “Dewa Kalpa” dalam Parade Tari Tingkat DIY 2017
Dekhi 31 Oktober,2019

Sleman Tampilkan Lakon “Dewa Kalpa” dalam Parade Tari Tingkat DIY 2017

 

 

 

SLEMAN - Kabupaten Sleman akan mengirimkan kontingen dalam event Parade Tari Tingkat DIY Tahun 2017 yang akan diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY Rabu 19 Juli 2017 Jam 19.00 di Gedung Societed Militer Taman Budaya Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut Kontingen Kabupaten Sleman akan membawakan tari garapan dengan lakon “Dewa Kalpa” yang didukung oleh 22 seniman.

Demikian dinyatakan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman HY Aji Wulantara, SH, M.Hum saat pelaksanaan gladi bersih kontingen Kabupaten Sleman tersebut,  Senin 17 Juli 2017 di Gedung Kesenian Kabupaten Sleman.

Aji menambahkan bahwa kejuaraan bukanlah tujuan utama keikutsertaan  Kabupaten Sleman dalam ajang tersebut, meskipun parade tari daerah merupakan pagelaran seni tari yang bersifat kompetisi antar kabupaten kota di DIY. Bagi Kabupaten Sleman yang terpenting adalah totalitas garapan dan totalitas penampilan yang meliputi wirasa, wiraga   wirama. Oleh karenanya yang terpenting adalah aktualisasi dan jati diri segenap seniman pendukung.

Aji berharap kontingen Kabupaten Sleman dapat tampil semaksimal mungkin dan secara sungguh-sungguh melaksanakan semua aspek dalam sebuah penampilan.  Secara otomatis totalitas dan kesungguhan dalam berkarya akan membentuk sebuah prestasi yang menggembirakan.

“Dewa Kalpa” terinspirasi dari prosesi panggih temanten atau pertemuan pengantin dengan gagrak Ngayogyakarta didukung dengan kesenian badui sebagai dasar gerak dalam proses penggarapan karya tari ini. “Dewa Kalpa” menggambarkan filosofi pernikahan antara dua insan berlawanan jenis yang disimbolisasikan dengan “kembar mayang”.  Pernikahan merupakan sebuah proses agung dan sakral yang menyatukan komitmen dua insan yang memiliki perbedaan-perbedaan  untuk menggapai kesamaan tujuan hidup, yakni keluarga yang bahagia dan harmonis.

Adapun sebagai sutradara dan piñata tari adalah Ari Kusumaningrum, S.Sn, peñata iringan Bonivacius Vico Hernandes, peñata rias dan busana Jatmiko dan peñata artistik Heri Nur Susanto.

[gallery ids="533,534,535,536"]