Breaking News

Upacara Adat Mbah Bregas

Post Image
Dekhi 4 November,2019

Upacara Adat Mbah Bregas

Upacara Adat Mbah Bregas merupakan Upacara Bersih Desa yang dilakukan di Dusun Ngino Margoagung Seyegan Sleman. Diselenggarakan habis panen dan masyarakat mengenang keteladanan mBah Bregas. Bebek bacem menjadi makanan khas yang menggoda untuk dicicipi.

makna nilai nilai luhur yang terkandung adalah kebersamaan, kewibawaan,dan keteladanan. Untuk lebih jelasnya ikuti uraian dibawah ini.

  1. Nilai luhur kebersamaan dan kegotongroyongan dalam pelaksanaan upacara tradisional dilakukan secara bersama sama seluruh warga masyarakat Ngino, Ngringin dan sekitarnya sebagai perwujudan kekerabatan, persatuan dan kesatuan antar warga tanpa memperhitungkan jumlah dan pengorbanannya demi kelestarian alam dan lingkungannya sebagai anugrah dan keberhasilan dalam olah pertanian dan sebagainya. Sebelum upacara sefuruh warga masyarakat bekerja secara gotong royong membersMan lingkungan dan tempat tempat yang dikeramatkan peninggalan mbah bregas serta tempat pelaksanaan upacara.
  2. Nilai luhur etika dan estetika

Pelaksanaan upacara tradisional merti desa Mbah Bregas memberikan gambaran dan wawasan mengenai etika pola kehidupan di masyarakat dan estetika dalam keindahan kekhasannya. Generasi muda dan masyarakat memetri dan memahami makna yang terkandung dalam upacara menuju masyarakat tentram, damai dan sejahtera.

Nilai luhur kepribadian dan jati diri.

Mbah Bregas semasa hidupnya memiliki kepribadian dan jati diri yang kuat, kepribadian tersebut nampak memberikan kesan wibawa, lembah manah, andap asor terhadap sesamanya, kesederhanaan dalam pola kehidupan sehari hari tidak menunjukkan pola hidup yang mewah menyelaraskan dengan kehidupan pedesaan. Sehingga masyarakat menilai dengan kharisma yang luhur.

Tokoh upacara mbah bregas, Sutedjo SH,Margoagung Seyegan.

Adapun hal hal yang telah diwariskan, merupakan orang pertama yang menghuni di pedusunan Ngino dan merupakan penderek Kanjeng Sunan Kalijaga yang mendapat tugas menyebarkan agama di desa Margoagung. Disamping itu bertugas untuk menjaga keselamatan, ketentraman dan kesejahteraan masyarakat Ngino dan sekitarnya.

Dusun Ngino, Margoagung, Seyegan, Sleman