Breaking News

Upacara Adat Merti Bumi Tunggul Arum

  • home //
  • Upacara Adat Merti Bumi Tunggul Arum
Post Image
Dekhi 4 November,2019

Upacara Adat Merti Bumi Tunggul Arum

Upacara diselenggarakan masyarakat Tunggularum, Wonokerto, Turi, Sleman. Bertujuan memohon kepada Tuhan YME untuk keselamatan dan lindungan dari bencana alam. Diselenggarakan pada minggu pertama bulan Sapar atau sesudah panen.

makna nilai‑nilai luhur yang terkandung adalah persatuan dan kesatuan. Selain itu nilai‑nilai yang terkandung yaitu

  1. Nilai luhur kebersamaan dan kegotongroyongan

Bahwa dalam pelaksanaan upacara tradisional merti bumi Tunggularum dilakukan secara bersama‑sama oleh masyarakat Tunggularum dan sekitarnya sebagai perwujudan kebersamaan. Persatuan dan kesatuan antar warga tanpa memperdulikan dengan jumlah dan pengorbanan demi kelestarian alam dan lingkungan. Sebelum pelaksanaan upacara masyarakat bekerja secara gotong‑royong membersihakan lingkungan dan tempat upacara dengan semboyan “hamerti nugroho bumi kang wus dumadi lan cinepto dening Gusti kang Murbeng Dumadi.

Nilai luhur etika dan estetika

Bahwa dalam pelaksanaan upacara tradisional memberikan gambaran dan wawasan kepada generasi penerus mengenai etika, sopan santun dalam kehidupan sehari‑hari, untuk mengerti dan dipahami makna yang terkandung dalam pola kehidupan damai, tentram dan sejahtera dengan mengupayakan kelestarian sumber daya alam

Nilai luhur kepribadian dan kepercayaan diri

Bahwa dalam melaksanakan upacara tradisional ini masyarakat merasa yakin dan lega bahwa Tuhan Yang Maha Kuasa akan mengabulkan segala permohonannya. Para pelaku upacara spiritual mempunyai semangat dan kepribadian tinggi, mantap dan kuat untuk melakukan sosial sesuai naluri yang tertanam dalam kancah budaya spiritual merti bumi tunggul arum.

Tokoh upacara merti bumi tunggularum, kepala desa Wonokerto,Barozi.

Adapun hal‑hal yang telah diwariskan merupakan simbol manifestasi rasa syukur pada tahun berjalan telah diberikan kemurahan berupa rezeki, kesehatan, keselamatan dan ketentraman dan lain sebagainya dari Tuhan Yang Maha Esa. Upacara tersebut dilaksanakan setiap tanggal 1 sapar bulan jawa di dusun Tunggularum, desa Wonokerto, kecamatan Turi, Sleman.

Tunggularum, Turi, Sleman