Breaking News

Upacara Adat Tunggul Wulung

  • home //
  • Upacara Adat Tunggul Wulung
Post Image
Dekhi 4 November,2019

Upacara Adat Tunggul Wulung

Diselenggarakan dalam bentuk napak tilas perjalanan Ki Ageng Tunggul Wulung dari bekas Kraton Diro di dusun Diro, Sendang Mulyo, Minggir menuju petilasan mukswanya (hilangnya) Ki Ageng Tunggul Wulung di dusun Tengahan, Sendang Agung, Minggir. Upacara dilaksanakan pada setiap Jumat Pon bulan Agustus pukul 15.00 WIB, ditandai dengan arak-arakan prajurit dan pusaka dilanjutkan pagelaran tari Tayub yang dapat diikuti oleh pengunjung.

makna nilai‑nilai luhur yang terkandung adalah , kebersamaan dan kegotongroyongan serta kharismatlk.Hal ini dapat dijelaskan dibawah ini :

Nilai luhur kebersamaan dan kegotongroyongan dalam pelaksanaan upacara ini dimaksudkan untuk mohon keselamatan, kesejahteraan dan segala hasil pertanian tumbuh dengan subur dan menghasilkan panen yang banyak. Upacara ini diwujudkan dengan do’a tasyakuran yang membutuhkan kebersamaan warga masyarakat dan kerjasama secara gotong‑royong.

Nilai luhur penghormatan kepada leluhur yang merupakan cilkal bakal dusun Dukuhan, Beji dan Diro. Para warga masyarakat merasa bertanggungjawab untuk memuliakan dan menghormati leluhurnya dengan melaksanakan upacara ritual yang dimeriahkan dengan kesenian tayub yang merupakan kegemaran dari Ki Ageng Tunggul Wulung.

Nilai luhur kharismatik bahwa Ki Ageng Tunggul Wulung salah satu Senopati dari kerajaan Majapahit yang mempunyai kewibawaan dalam kesederhanaan mampu menjadi keteladanan oleh warga masyarakat dan pewarisan nilai‑nilai budaya adiluhung.

Tokoh upacara Tunggul Wulung, mbah Preno,Tengahan sendangagung Minggir.

Berkaitan dengan tokoh yang wariskan merupakan pemujaan terhadap tokoh yang disebut Ki Ageng Tunggul Wulung.

Untuk perkembangan selanjutnya masyarakat Sendangagung mampu menangkap dan menjadikan ajang perdagangan, dan menjual belikan hasil kerajinan, ketrampilan dan lain sebagainya sebagai dukungan yang tidak kalah pentingnya yaitu dukungan seni yang merupakan potensi seni di Sendangagung dan sekitarnya.

Dusun Diro, Sendang Mulyo, Minggir